Ads 468x60px

Jumat, 25 Mei 2012

Wanderplayer, ubah Android menjadi wireless game controller


Pernahkan Anda bermain salah satu game flash atau casual favorit di komputer Anda dan berpikir alangkah lebih menyenangkannya seandainya menggunakan gamepad ataupun controller bergaya consol lainnya? Kalau demikian atau seandainya Anda punya ide serupa, maka dengan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun kiranya Wanderplayer bisa dijadikan sebagai solusi dalam mengisi waktu luang Anda di manapun dan kapanpun.
Wanderplayer, Ubah Perangkat Android Menjadi Wireless Game Controller Image
Wanderplayer merupakan program gratis yang memungkinkan Anda mengubah perangkat Android atau iOS yang Anda miliki ke dalam bentuk game controller nirkabel. Walaupun saat ini aplikasi ini masih dalam versi Beta tapi kabarnya aplikasi ini telah menjadi sebuah program dan aplikasi bebas yang cukup popular. Hebatnya lagi, aplikasi ini mampu beroperasi dengan berbagai judul game yang ada, dan bahkan mampu menemukan game-game yang Anda inginkan secara otomatis!
Terdapat 2 (dua) bagian sederhana pada Wanderplayer, dan keduanya terbilang berfungsi dengan sangat baik. Bagian pertama adalah program Windows atau Mac OS yang berjalan pelan pada latar belakang pengoperasian normal komputer Anda. Sedangkan untuk bagian lainnya berjalan pada perangkat Android atau iPhone sebagai sebuah aplikasi.
Wanderplayer, Ubah Perangkat Android Menjadi Wireless Game Controller Image
Apabila Anda ingin memainkan sebuah game, cukup buka atau aktifkan aplikasi Wanderplayer yang ada pada perangkat ponsel yang Anda miliki, lalu klik tab Play pada bagian bawah dan pilihlah sebuah game yang Anda ingin mainkan. Selanjutnya aplikasi Wanderplayer ini akan terhubung ke program di komputer Anda, buka web browser yang ada, dan selanjutnya mulai memainkan game. Pada saat yang bersamaan, muncul pilihan kontrol yang sesuai dengan permainan game yang Anda pilih di layar perangkat ponsel Anda. Sebagai contoh, jika Anda memilih permainan game Street Fighter, ketika permainan game terbuka atau muncul pada browser web komputer Anda, layar ponsel akan menampilkan D-pad di sebelah kiri, sedangkan di sebelah kanannya akan muncul 4 (empat) tombol berwarna yang ditandai A, B, dan seterusnya. Penggunaan tombol-tombol pada layar tersebut, lebih dimaksudkan agar Anda bisa mengontrol karakterStreet Fighter (atau apa pun yang sesuai untuk permainan game yang Anda pilih) tanpa harus bersandar ke depan di atas keyboard. Dan bahkan, dengan hal ini Anda pun dapat bermain game dari mana pun yang Anda inginkan.
Wanderplayer, Ubah Perangkat Android Menjadi Wireless Game Controller Image
Salah satu yang menarik dari Wanderplayer ini adalah karena aplikasi ini menyediakan begitu banyak permainan game secara otomatis dan tepat saat mengklik menu “Play” pada aplikasi tersedia. Hal ini tentunya lebih cepat dan mudah dibanding harus memaksa Anda untuk menemukan permainan game sendiri (manual).
Walau ada sistem seperti ini sebelumnya, tapi dalam kenyataannya tak ada satupun yang sesukses seperti apa yang dilakukan oleh Wanderplayer. Dengan menggunakan Wanderplayer, dua buah program bisa saling terhubung secara efisien dan mudahnya. Tidak ada proses setup yang sulit dan rumit, tidak ada string panjang pada digit untuk mentransfer dari menu ke menu, melainkan hanya ada tiga langkah proses singkat yang pengguna perlu lakukan sekali. Saat sekali proses telah selesai, pengguna akan langsung disuguhkan daftar besar permainan game pada menu untuk aplikasi mobile Wanderplayer tersebut. Sejauh sebagian besar fungsi Wanderplayer dikendalikan atau diaktifkan melalui program aplikasi mobile, maka pengguna tidak perlu merasa khawatir tentang beralih bolak-balik antara komputer dan ponsel.
Wanderplayer, Ubah Perangkat Android Menjadi Wireless Game Controller Image
Wanderplayer, Ubah Perangkat Android Menjadi Wireless Game Controller Image
Daftar game seperti apa yang telah disebutkan, Wanderplayer menawarkan kemampuan yang besar buat para penggunanya. Setiap saat, tim Wanderplayer terus menerus membahas permainan game lain yang berbeda untuk selanjutnya ditambahkan ke daftar game yang tersedia. Karena daftar game yang ada up to date, sudah barang tentu penggunanya cenderung melihat banyak variasi dalam apa yang tersedia saat itu juga. Dengan begitu, pengguna tidak akan merasa bosan seiring menu yang selalu berubah pula. Setiap permainan game yang dipilih biasanya berjalan dengan baik menggunakan sistem kontrol Wanderplayer yang ada.
Setiap permainan game juga dikategorikan sesuai dengan gaya kontrol dasar dan genre permainan game. Game sederhana yang memerlukan sangat minim dalam penggunaan kontrol yang kompleks akan direpresentasikan dengan tampilan ikon tertentu, sedangkan untuk permainan game yang memerlukan rangkaian deteksi gerak pada perangkat ponsel akan direpresentasikan dalam ikon yang lain.
Berhubung aplikasi Wanderplayer saat ini masih dalam versi Beta dan kebetulan ikon yang ada tersebut masih berubah-ubah maka rasanya percuma mendefinisikannya untuk saat ini juga. Akan tetapi yang patut dicatat di sini adalah karena adanya dedikasi dan upaya yang keras dalam membuat program yang user-friendly di sisi pengembang (developer). Dan mereka memiliki chatbot semi-cerdas yang tersedia di situs Web resmi perusahaan untuk membantu para pengguna terkait seputar aplikasi Wanderplayer yang ada. Jika tren ini berlanjut, boleh jadi keberadaan aplikasi Wanderplayer nantinya dapat menjadi salah satu aplikasi gratis terbaik di luar sana. Ya, semoga saja!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar